Monday, June 15, 2009

Pengetahuan Tentang Obat-obatan

Pada bagian ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengobati suatu penyakit mulai dari yang ringan sampai yang cukup berat. Sebenarnya tidak ada penyakit yang dianggap ringan ataupun berat. Semua tergantung sudut pandang kita terhadap diri kita sendiri.

Suatu contoh orang yang menderita penyakit kanker ataupun tumor. Namun orang tersebut selalu berpikir positif sambil terus berusaha menyembuhkan penyakitnya dengan kegigihan dan keceriaan. Pasti hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang berpikir negative terhadap dirinya sendiri.

Didalam dunia medis penyakit ada beberapa yang dianggap ringan namun begitu kalau dibiarkan terus akan menjadi lebih parah.

Jadi kalau anda menderita suatu penyakit, yang pertama-tama harus anda lakukan adalah tetap berpikir positif dan yakin bahwa sakit anda akan sembuh.

Ada beberapa jenis obat-obatan yang terdapat di alam maupun obat sintetik yang jumlahnya mencapai ribuan. Obat sintetik dijual di toko obat ataupun di apotek. Menurut saya anda harus mendapatkan obat tersebut di apotek yang terpercaya. Kalau di Indonesia, apotek yang terpercaya adalah apotek Kimia Farma (bukan promosi lho…..kebetulan saya memang bekerja di sini he..he..he). Apotek kimia farma memiliki jaringan di seluruh Indonesia tersebut merupakan apotek tertua di Indonesia dan sebuah BUMN. Sehingga terjamin kuaitasnya. Silahkan kunjungi websitenya di: www.kimiafarmaapotek.com

Anda pasti tahu begitu prospeknya bisnis obat di Indonesia sehingga memicu persaingan tidak sehat dan beredarnya obat-obatan yang ilegal. Untuk itu belilah obat di tempat terpercaya walaupun agak lebih mahal sedikit yang penting kualitasnya terjamin.

Beberapa obat-obatan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia antara lain:
1. antibiotika
2. Penurun panas dan demam
3. Obat-obat diare
4. Obat batuk dan pilek
5. multivitamin
6. Radang tenggorokan.
7. Ambien

Antiotika biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oeh infeksi bakteri. Cirinya adalah panas dan demam yang lebih dari 2 hari. Biasanya dikasih obat penurun panas bisa langsung turun namun setelah beberapa jam akan panas lagi.

Kalau anda sakit batuk atau panas badan yang menyebabkan menggigil biasanya diperlukan antibiotika.

Antibiotika apa saja yang dibutuhkan?
Di sini saya akan menjelaskan beberapa jenis antibiotika yang umum digunakan.

Amoksisilin.

Kandungan antibiotika ini sering terdapat dalam bentuk generic ataupun paten. Obat generic adaah obat yang disubsidi pemerintah. Ciri-cirinya adalah nama dan kandungan obatnya sama. Contoh nama amoksisilin kandungannya juga amoksisilin.

Sedangkan obat paten adalah obat yang diproduksi oleh pabrik obat tanpa subsidi pemerintah. Cirinya adalah nama dan kandungan obat berbeda. Contoh amoksan yang diproduksi oeh PT. Sanbe farma. Kandungan obatnya adalah amoksisilin. Jadi antara amoksan dan amoksisilin generic itu mempunyai kandungan obat yang sama.

Di apotek saya sering menjumpai banyak kasus yang menggunakan antibiotika amoksisilin ini. Untuk penyakit seperti demam, panas, pilek, batuk, sakit gigi ringan, biasanya sudah cukup memakai antibiotic ini. Berapa dosisnya?

Dosis dewasa adalah 500 mg sekali minum, sehari 3 kali. Minimal diminum selama 3 hari. Misalnya baru minum 2 hari sudah sembuh, tetap diteruskan hari berikutnya. Maksudnya apa?

Supaya pengobatannya tuntas dan tidak akan timbul resisten bakterinya terhadap antibiotika. Sehingga suatu saat kalau terjadi infeksi lagi sudah tidak mempan memakai antibiotika tersebut.

Bagaimana dengan anak-anak?

Untuk anak-anak perlu diberikan amoksisilin dalam bentuk tetes ataupun syrup. Baca aturan pakainya di brosur yang tersedia. Biasanya disesuaikan dengan berat badan dan usia anak. Kalau anda kesulitan menentukan dosis nya bisa menghubungi saya melalui email saya di : didiksugi@gmail.com nanti langsung saya balas atau ke hp saya di 085729017752 atau 081328128245, dengan menyebut member inginbahagia.com

Ciprofoxacin

Antibiotik ini lebih bagus kasiatnya dibanding amoksisilin. Namun saya harapkan anda menggunakannya kalau memang amoksisilin sudah tidak mempan lagi. Mengapa begitu?......Karena kalau pakai amoksisilin saja bisa, mengapa anda harus pakai ciprofloxacin ini. Selain itu jika anda memakai amoksisilin saja sudah sembuh berarti anda hanya infeksi ringan.

Beberapa kesalahan yang sering diakukan orang adalah mereka sering terlalu ingin cepat sembuh. Sehingga sakit sedikit saja sudah dikasih antibiotika yang tinggi. Ini akan berakibat suatu saat tubuh akan resisten terhadap antibiotika yang sering kita pakai. Akibatnya apa ? …..jika suatu saat anda sakit yang lebih parah lagi dari sebelumnya, maka diperlukan antiobiotika yang lebih tinggi lagi. Lama-lama sudah tidak ada antibiotika yang mampu lagi menyembuhkan infeksi yang diderita.

Saya pernah menjumpai seorang pasien yang luka di bagian tubuhnya, namun tidak sembuh dengan memakai antibiotika yang paling bagus sekalipun.. ternyata setelah di cek di laboratorium, semua antibiotika yang ada sudah resisten terhadap tubuh si pasien. Akibatnya penyakit pasien susah untuk disembuhkan.

Itulah sebabnya penggunaan antiobiotika harus hati-hati dan disesuaikan aturan pakainya. Pakailah antibiotika yang ringan dulu sebelum anda memakai yang lebih berat (generasi terbaru).

Cefadroxil

Tersedia daam bentuk cair ataupun tabet. Contoh yang mengandung cefadroxil seperti: cefat, dan lainnya. Biasanya digunakan untuk jenis penyakit batuk yang berat, pilek berat,dan infeksi saluran nafas lainnya. Harus hati-hati pemakaian pada orang-orang yang alergi cedroxil. Karena bisa menyebabkan alergi yang berat. Sayang di Indonesia belum ada alat untuk mengetes alergi seseorang terhadap antibiotika tertentu. Jadi yang penting kita harus waspada bila terjadi alergi obat. Apa ciri-ciri seseorang yang alergi terhadap suatu obat?

Biasanya terjadi bintik-bintik merah pada kulitnya. Kalau terjadi seperti itu anda harus menghentikan pengobatannya dan konsultasikan kedokter anda. Tapi tidak perlu kawatir. Orang yang alergi terhadap antibiotika ini sangat jarang. Mungkin 1 banding 1 juta orang saja.

Cefadroxil biasanya dikombinasikan dengan obat-obat anti alergi. Untuk yang racikan bisa dibuat serbuk atau puyer. Sedangkan dewasa diminum sendiri-sendiri sesuai dosis.

Obat Anti demam atau Panas

Apabila anak anda atau atau anda sendiri menderita panas dingin badannya sebaiknya anda segera minum obat-obatan anti demam yang ada di apotek.

Misalnya : pamol, sanmol, dan beberapa penurun panas yang mengandung paracetamol. Ingat minumnya harus sesuai dosis. Kalau anak-anak ya harus memakai yang sirup. Dewasa memakai yang bentuk tablet.

Kalau sampai 2 hari tidak ada perkembangan perlu anda tambahkan minum antibiotika jenis amoksisilin atau yang lainnya. Sesuaikan dengan berat ringannya penyakit.

Jangan lupa minum air putih yang banyak dan juga tambahkan multivitamin yang cukup. Seperti : enervon C, ester C, redoxon, dan lain-lain yang tersedia di apotek.

Obat penurun panas yang lebih cepat anda bisa menggunakan Proris atau yang sejenisnya. Proris ini mempunyai kandungan ibuprofen dengan efek utama penurun panas yang lebih cepat di banding dengan paracetamol.

Obat diare

Obat diare yang biasa digunakan untuk dewasa adalah Imodium. Imodium ini digunakan untuk diare yang bukan karena disentri.

Dosis yang digunakan adalah sehari 3 kali atau kalau berat Imodium bisa diminum 2 tablet langsung pertama kali. Selanjutnya 1 tablet sehari 3 kali.

Untuk perut sakit karena kebanyakan makan sambal, anda bisa menggunakan enzymplex atau enzymfort. Karena perut anda memerlukan enzim pencernaan untuk mencerna sambal yang telah anda makan.

Apabila disentri atau diare yang disebabkan oleh bakteri atau amoeba anda bisa menggunakan Flagyl atau produk yang mengandung metronidazole lainnya. Ciri-ciri disentri adalah:
1. Perut mulas dan sering buang besar.
2. Mual dan pusing karena tidak bisa masuk makanan atau minuman.
3. Setiap masuk makanan atau minuman biasanya langsung dikeluarkan lagi.
4. cairan buang air besarnya biasanya agak berlendir.

Kalau ada tanda-tanda seperti diatas berarti anda harus menggunakan obat yang mengandung metronidazole seperti Flagyl atau yang lainnya.

Atau bisa juga anda menggunakan obat yang kandungannya tetraciklin. Contohnya seperti supertetra, tetrin, dan lain2.(obat golongan tetrasiklin tidak boleh diminumkan untuk anak-anak karena bisa menyebabkan kerusakan pada gigi yg menjadi kuning)
Dosisnya sehari 3 kali 500 mg.


Diare anak

Gunakanlah obat diare yang biasa untuk yang ringan. Seperti guanistrep, diapet, diatab, entrostop. Sesuaikan dosis anak-anak. Biasanya pakai yang sirup.

Untuk yang diare menengah anda bisa menggunakan nifural, nifudiar atau produk sejenis yang kandungannya sama. Anda bisa menanyakannya di apotek terdekat.

Sedangkan untuk diare berat seperti disentri anda bisa menggunakan flagyl sirup atau yang sejenis laninnya. Untuk minumnya minimal 5 hari. Bila 3 hari sudah berhenti tetap harus anda minum sampai hari ke 5. Sehingga infeksinya bisa sembuh total.

PERHATIAN !!!

Untuk semua jenis diare terutama untuk anak dan orang yang lanjut usia harus minum oralit untuk memberikan cairan tubuh. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehirasi.

Obat batuk dan pilek

Obat batuk dewasa anda bisa menggunakan aktifed, tremenza, intunal forte, dalam bentuk tablet. Kalau berat anda bisa menambahkan antibiotika jenis amoksisilin ataupun ciprofloxacin seperti diatas.

Perlu juga anda menambahkan multifitamin yang mengandung vitamin C seperti zegavit, enervon C, ester C, atau foodsupplemen lain.

Untuk anak-anak anda bisa memberikan actived sirup. Sesuaikan dengan jenis batuknya kering atau berdahak. Anda bisa melihat dibrosurnya.

Kalau 2 hari tidak berkurang batuk atau pileknya, anda perlu menambahkan antibiotika. Pakai saja jenis amoksisilin yang agak ringan.

Multivitamin

Berikan multivitamin secukupnya dan jangan berlebihan. Ingat prinsip segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Multivitamin terbaik adalah yang alami. Bisa diambil dari sayur-sayuran ataupun buah-buahan yang sesuai. Atau anda bisa berikan multivitamin herbal berupa food suppleman. Produk nya sequil, wellness atau yang lainnya sangat bagus untuk kesehatan anak anda.

Dewasa anda bisa menggunakan pharmaton F, zegavit, ataupun enervon C. Yang perlu anda perhatikan adalah anda harus minum sesuai dosis dan jangan berlebihan. Minum air putih yang banyak agar sisa obat mudah dieliminasi atau dibuang dari tubuh.

Untuk anak-anak anda bisa gunakan: cerebrofort syrup, curcuma plus, atau multivitamin lainnya. Kalau anda mau anda bisa menambahkan minum jamu alami seperti kunyit asam atau beras kencur sangat baik untuk kesehatan anak anda. Jamu yang digunakan haruslah yang benar-benar alami tanpa campuran obat sintetik.

Ingatlah : sekarang banyak beredar jamu yang mengandung bahan sintetik dengan dosis besar yang sangat membahayakan kesehatan kita. Jamu seperti ini biasanya mempunyai ciri bila diminum langsung terasa hangat atau coospleng. Hati-hati dengan jamu seperti ini.


Obat radang tenggorokan

Obat radang tenggorkan yang biasa digunakan adalah FG Troches. Tablet hisap ini biasanya diminum setiap 3-4 jam sekali.

Jenis obat yang lain adalah lemocin. Lemocin mempunyai efek lebih bagus karena mengandung lidokain yang berefek menghilangkan rasa sakit karena radang. Penggunaannya sama dengan Fg Troches.

Kalau masih tidak mempan anda bisa menggunakan amoksisilin atau antibiotika lain. Dengan syarat minumnya minimal 3 hari.


Ambient

Ambien biasanya disebabkan oleh makanan yang kurang mengandung kuah, dan pedas. Kalau anda menyukai makanan pedas, anda harus mengimbanginya dengan sayur-sayuran yang banyak kuahnya. Kalau tidak anda akan kurang serat sehingga menyebabkan susah buang air besar. Bab menjadi keras. Inilah yang menyebabkan ambient.

Orang yang ambient biasanya kebanyakan duduk dan kurang olah raga. Sehingga usahakan untuk jangan duduk terlalu lama. Anda bisa menggunakannya untuk berjalan-jalan disekitar kantor anda.

Kalau sudah terkena ambient, jagalah agar ambiennya tidak bertambah parah.

Obatnya : ambeven, dulcolax, atau antihemorroid. Ada yang bentuknya sup ada yang tablet. Kalau bentuk supposotoria cara pakainya adalah dimasukkan lewat belakang (lubang dubur). Ada juga dalam bentuk salep seperti ultraproc dan lainnya. Sedangkan yang bentuknya tablet diminum biasa.
Kalau sudah ambient parah anda bisa menggunakan radium sehari 3 sampai 4 kali 1 tablet.

Hindari makanan yang pedas dan keras. Makanlah yang banyak seratnya. Buah-buahan seperti pepaya, mangga, sangat bagus untuk penderita ambien. Hindari buah pisang karena bisa menyebabkan BAB keras. Hal ini akan membuat luka pada ambien kita menjadi lebih parah sehingga susah sembuh.

Bisa juga anda tambahkan antibiotika bila terjadi infeksi. Kalau terjadi perdarahan anda bisa menggunakan obat kalnex atau yang lainnya untuk menghentikan perdarahan.

Demikian pengetahuan obat yang dapat saya berikan saat ini. Dapatkan versi terbaru tentang obat-obatan praktis ini di www.inginbahagia.com.

3 comments:

Anonymous said...

k.aku dian 15 tahun. aku abis minum imodium. trus suhu tubuh ku naik 39 celcius..

,brbhaya g ??
,trus bsa g mnum paracetamol ?

didik sugiarto said...

diare nya masih apa nggak setelah minum imodium...kalau masih berarti harus minum antibiotika untuk diare semacam sanprima. Ditambah dengan minum oralit untuk mengganti cairannya. Obat panas nggak perlu diminum.

naya said...

hey aku naya, sekarang aku sedang di Perancis dan lagi kena batuk pilek niy, udah 2 hari tapi aku belum minum obat, cuma yg alami2 aj, kyk madu sm jeruk nipis. Geregetan pngen cepet sembuh niy, kmaren dari Indo bawa Intunal F, tapi sayangnya cuma satu bungkus doank (yang isinya 4 tablet), baiknya gmana ya, takutnya ntar klo dh diabisin ternyata masi belum sembuh kudu ganti obat lain lg dunkz

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates