Sunday, December 26, 2010

Extra Joss diminum 3 kali sehari amankah...?

Walaah...lihat iklan akhir-akhir ini tambah parah ya. Hanya mengedepankan manfaatnya aja tanpa mempertimbangkan resiko efek samping yang ditimbulkannya. JAdi ingat aku akan tetangga di rumah yang jualan lele tiap harinya. KArena sering beli disana..dan tahu kalau aku seorang apoteker....dia sering nanya sama aku. " MAs gimana ya...saya kalau nggak minum extra joss kok loyo nggak bisa kerja. Kaki pegal-pegal semua."
" Berapa kali bapak minum extra joss" balik aku bertanya.
" Sehari bisa lebih dari 3 kali" jawabnya.
" Berarti kalau lebih dari 3 kali ...ya bisa 4, 5 atau lebih banyak lagi" pikirku.
Melihat aku berpikir agak lama, si tetangga ini balik bertanya lagi, " Memangnya boleh nggak minum extra joss lebih dari 3 kali".

Dialog inilah yang mengingatkan saya dengan iklan extra joss akhir-akhir ini. Dengan jargon Extra Joss 3 kali sehari aman. Benarkah demikian..?

Sebagai seorang apoteker saya tetap berpedoman bahwa hal-hal yang berlebihan selalu menimbulkan efek yang nggak baik. Apalagi kalau sudah menimbulkan kecanduan.

Sebetulnya memang belum ada penelitian yang akurat tentang dosis maksimal minum minuman penambah tenaga yang mengandung taurin seperti extra joss ini. Namun tetap kita harus waspada. Jangankan minum extra joss....minum vitamin C aja yang relatif larut dengan air....secara berlebihan tidak baik.

So..janganlah terlalu percaya dengan iklan yang gencar...yang biasanya hanya mengejar keuntungan sesaat saja. Boleh anda minum extra joss....tapi sesekali saja. Jangan tiap hari ...apalagi kalau sampai 3 kali sehari. Sayangilah ginjal anda. Karena setiap obat akan dimetabolisme di ginjal atau hati. Minum sesuatu yang berlebihan akan membuat ginjal kita bekerja lebih keras....dan suatu saat akan sakit.

Mudah-mudahan masyarakat lebih bijak dalam melihat iklan layanan yang ada di tv atau media lainnya.

Waspadalah...waspadalaaah.....terhadap efek samping obat.

1 comment:

Anonymous said...

wiih, ngeri banget padahal aku biasanya minum 1 minggu 3-4x extrajoss cmpur susu..

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates