Thursday, May 20, 2010

waspadai Efek samping minuman penambah tenaga...!!

Minuman penambah stamina atau penambah energi sering kali diartikan salah oleh masyarakat. Kadang menjadi kebiasaan dan kalau nggak minum minuman ini ...badan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Namun apakah minuman penambah tenaga ini aman bila dikonsumsi terus menerus...?

Tetap saja kita harus waspada. Sebagai apoteker saya sering menyarankan kepada pasien saya agar tidak berlebihan dalam meminum supplemen ataupun minuman penambah tenaga ini. KArena disamping akan menimbulkan ketergantungan juga bisa menyebabkan gangguan organ vital lainnya seperti ginjal.

Minuman bertenaga biasanya mengandung 4 zat : Cafein , Vitamin C, Vit b kompleks, dan taurin. CAfein untuk meningkatkan denyut jantung sehingga lebih bersemangat dan tidak ngantuk. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas. Sedangkan vitamin B kompleks lebih bersifat mengurangi rasa capek-capek. Kalau taurin berfungsi meningkatkan energi dalam tubuh.

Namun bila diminum berlebihan akan mengakibatkan kerja dari ginjal menjadi berat. Karena ketiganya dimetabolisme di dalam ginjal. Sehingga tidak jarang beberapa pasien yang terus menerus mengkonsumsi supplemen jenis ini akan mengalami gangguan pada ginjalnya..bahkan ada yang sampai gagal ginjal. Tanda-tandanya biasanya terjadi moonface atau wajah bengkak tapi bukan gemuk sehat ...melainkan gemuk nggak sehat.

Maka bagi anda yang terlanjur sering atau tergantung pada minum-minuman semacam ini...lebih baik dikurangi atau dihentikan saja. Kalaupun mau minum sekali-kali ..ngak apa.

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates