Wednesday, May 5, 2010

Inilah penyebab lidah terasa pahit saat kita sakit...

Ingin tahu nggak mengapa pada saat kita sedang sakit, lidah terasa pahit...? Apakah ini disebabkan perubahan kondisi tubuh karena faktor sakit...atau karena disebabkan jamur tertentu....? Simak artikel berikut:

Mengapa Saat Sakit Lidah Terasa Pahit?

Saat badan kurang sehat, seringkali semua makanan terasa pahit. Makanan yang manis sekalipun, rasanya menjadi sepahit jamu sehingga selera makan berkurang.

Sensasi pahit di lidah biasanya tidak hadir sendirian. Gejala tersebut selalu hadir menyertai kondisi lain yakni mulut kering dan napas tidak sedap.

Untuk diketahui, makanan perlu dilarutkan dengan liur agar bisa dirasakan oleh lidah. Karena itu jika mulut sedang kering, kemampuan lidah untuk mengecap rasa juga akan berkurang.

Dikutip dari The Breath, Rabu (5/5/2010), mulut kering umumnya disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur karena berbagai hal. Liur sedikit artinya oksigen juga berkurang, sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob.

Bakteri-bakteri tersebut memproduksi gas sulfur dalam jumlah besar dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bakteri itu sendiri juga bisa menyebabkan sensasi pahit di lidah.

Beberapa orang memiliki lidah dengan permukaan lebih kasar, sehingga lebih rentan ditumbuhi bakteri. Karena papila atau tonjolan-tonjolan di lidah lebih besar, sekilas lidahnya tampak lebih putih dan berbulu.

Menurut Dr. Rob Danoff dari Frankford Hospitals, dikutip dari MSN, Rabu (5/5/2010), kemampuan lidah dalam mengecap juga erat kaitannya dengan kemampuan hidung dalam mencium bau.

Lidah pahit ini biasa terjadi saat seseorang mengalami flu, demam, sinusitis, infeksi hidung, polip, maupun rhinitis alergi. Meskipun lidahnya berfungsi dengan baik, kemampuan mengecap rasa akan bermasalah karena hidung tidak bisa mencium bau dengan baik.

Masih menurut Dr. Rob, faktor-faktor lain yang menyebabkan lidah pahit antara lain:


1. Obat-obatan (anti-tiroid, sediaan seng, antibiotik, obat-obat syaraf, dll)
2. Radiasi dan obat-obat kemoterapi
3. Penuaan (fungsi pengecapan dan penciuman menurun)
4. Kondisi medis (Bell's Palsy, Parkinson, Diabetes, GERD, dll)
5. Cedera pada mulut, hidung atau kepala
6. Kebersihan mulut yang tidak terjaga
7. Infeksi jamur pada lidah atau area mulut
8. Kanker di kepala atau leher


Sedangkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mulut kering seperti dikutip dari The Breath antara lain sebagai berikut:


1. Hindari produk-produk yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (terdapat di beberapa jenis shampoo, detergen dan pasta gigi)
2. Kurangi jus beraroma sitrus (tomat, jeruk, dll)
3. Hindari kopi dan rokok
4. Gunakan obat kumur selama 90 detik/hari
5. Minum air putih 8 gelas/hari
6. Rajin mengkonsumsi vitamin C setiap hari.

sumber:detik.com

2 comments:

haris said...

makasih informasinya

BanyakNama.com said...

kalo lidah tiba-tiba terasa sedikit sensitif tuh kenapa gan?


trims,

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates