Monday, May 17, 2010

Hati-hatilah dalam minum obat apapun...?

Minum obat tidak boleh sembarangan. Apalagi sampai berlebihan. Kecuali atas petunjuk dokter atau apoteker. Walaupun itu merupakan obat herbal yang alami ...yang katanya tanpa efeksamping apapun...? Tapi sebenarnya setiap obat pasti ada efek sampingnya. Namun tergantung tingkat keparahan dan kondisi masing-masing pasien.

Saya sering melihat masyarakat masih belum mengerti tentang arti pentingnya dosis yang tepat bagi setiap pasien. Kadang-kadang ada yang minum paracetamol sampai 2 atau 3 tablet sekali minum. Ini amat berbahaya bagi tubuh. KArena bisa merusak fungsi hati. Contoh obat yang mengandung paracetamol seperti obat-obat sakit kepala, flu, dll.

Begitu pula dengan obat rematik seperti dexametason. Dexametason ini di luarnegeri sudah dilarang karena efek samping yang ditimbulkan sangat berbahaya. Tetapi di Indonesia malah boleh dijual bebas karena masuk obat bebas terbatas. Namun biasanya ..sebagai apoteker saya menyarankan untuk tidak diminum setiap hari karena mempunyai efeksamping ke ginjal. Tanda-tandanya adalah bentuk wajah yang bulat seperti bulan. Tampak gemuk...namun nggak begitu sehat.

Bagaimana dengan obat herbal dari tanaman...? Seperti mahkotadewa, brotowali, dll...? Tetap saja dalam dosis yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada organ metabolisme...kalau nggak ginjal ya..hati..

So..hati-hatilah minum obat dalam bentuk apapun....dan selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker terdekat. Sekali-kali bisa cari info di Internet..tentang obat yang kita minum.

Demikian tips minum obat kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates