Monday, January 18, 2010

Khasiat dan komposisi Cedocard : obat jantung

Pagi ini ada pasien di apotek yang menderita jantung. Setelah lihat obatnya...woww...banyak sekali..dan mahal Lho. Bayangkan sekali nebus obat si pasien ini habis hampir 2 juta. Sebenarnya nggak sampai hati juga lihat pasien ini..namun karena dokternya sudah meresepkan seperti itu..ya kita harus melayani.

Ternyata sakit itu mahal ya...kadang sewaktu kita sehat nggak terasa kalau itu suatu nikmat yang besar. kita tahunya nikmat ..ya yang enak-enak aja seperti uang, makan dll. Tapi sebenarnya kesehatan juga nikmat yang luar biasa dan harus kita syukuri.

Oh ya...salah satu obat dalam resep itu adalah cedocard. Nah apa sih isi dan khasiatnya ..?

CEDOCARD® 5
isosorbide dinitrate

VASODILATOR KORONER


KOMPOSISI :

Tiap tablet mengandung

1,4 : 3,6-dianhydrosorbitol 2,5-dinitrate (isosorbide dinitrate)5 mg


URAIAN :

CEDOCARD® 5, melebarkan pembuluh-pembuluh darah jantung dan bila diberikan secara sublingual, kemanjurannya sebanding dengan nitroglycerin, tetapi CEDOCARD* 5 memberikan efek yang lebih lama dengan mulainya daya kerja yang hampir sama. Pemberian nitroglycerin (0,1 - 0,6 mg) secara sublingual akan memberikan daya kerjanya setelah 1-3 menit, tetapi hanya berlangsung selama 20-30 menit. Sedangkan CEDOCARD9 5 yang diberikan secara sublingual, daya kerjanya akan terlihat dalam waktu kira-kira 2 menit dan berlangsung selama 2 sampai 3 jam. Pemberian CEDOCARD® 5 secara oral, daya kerja dimulai dalam waktu 20 sampai 30 menit kemudian dan akan dipertahankan untuk sekurang-kurangnya 4 jam. Cepatnya daya kerja CEDOCARD® 5 yang sebanding dengan nitroglycerin disebabkan oleh karena kelarutannya yang tinggi dalam air, dan daya kerja yang diperpanjang dari CEDOCARD® 5 disebabkan oleh lebih lambatnya proses peruraian oleh enzim-enzim dibandingkan dengan nitroglycerin.

INDIKASI :

Untuk pengobatan angina pektoris dan untuk pencegahan terjadinya serangan angina pada penderita penyakit jantung koroner menahun. Untuk pengobatan gangguan angina sesudah infark miokardial.

POSOLOGI :

Untuk serangan angina pektoris, 1 tablet dilarutkan perlahan-lahandalam mulut dibawah lidah.
Untuk pengobatan pencegahan, tergantung dari beratnya penyakit,1 sampai 2 tablet 3 atau 4 kali sehari.
Untuk mencegah serangan pada malam hari, 1 sampai 2 tablet sebelum tidur.

PERINGATAN DAN PERHATIAN :

Pada umumnya CEDOCARD® 5 tidak memberikan efek samping yang berarti, tetapi pada beberapa penderita mungkin akan menimbulkan sakit kepala yang biasanya terjadi apabila menerima dosis harian sampai 40 mg atau lebih. Tetapi sakit kepala akan berhenti, bila dosis dikurangi hingga 1/2 tablet 3 x sehari, dan tidak akan menimbulkan kembali gangguan sakit kepala, walaupun dosis dinaikkan lagi setelah beberapa hari.
Pada pengobatan jangka panjang dengan CEDOCARD® 5 kepekaan terhadap sakit kepala akan hilang tanpa keharusan penyesuaian dosis dan kerja memperlebar pembuluh-pembuluh darah jantung tidak akan berkurang.
HARUS DENGAN RESEP DOKTER Simpan pada suhu 25° - 30° C.

KEMASAN :

Box berisi 60 tablet dalam 6 strip @ 10 tablet.
Reg. No. D.2015259-1

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates