Thursday, June 17, 2010

Tips mengatasi sembelit

Pagi-pagi ada teman yang nanya tentang obat sembelit untuk anak. Maklum anaknya sudah 2 hari nggak BAB......waduh-waduh kasihan juga si anak. Pasti perutnya nggak enak banget rasanya.

Kemudian saya tanya...ananknya kenapa kok nggak bisa BAB. Katanya sedang minum antibiotika tertentu untuk menyembuhkan batuk. Oh gitu ya...mungkin karena antibiotika nya terlalu kuat...jadi nggak hanya bakteri yang jelek saja yang mati....bakteri yang baik pun ikut mati.

Akhirnya saya sarankan untuk memakai pencahar. Ya bisa berupa sirup ataupun supp. Kalau yang sirup bisa memakai dulcolax, lactoberon, laxadin dll. Tapi kalau mau suppositoria (berbentuk: peluru dimasukkan lewat dubur) bisa memakai mikrolax. Namun minumnya harus tidak berbarengan dengan obat lain lho. Karena bisa mengurangi manfaat obat lainnya.

Nah selain minum obat, untuk mengatasi sembelit bisa meminum larutan seperti yakult, atau bahkan memakai lacto-B. Ini bertujuan untuk meningkatkan 'bakteri baik' diusus yang membantu pencernaan.

Kalau makanan ya....harus banyak makan sayur, terutama sayur daun pepaya...atau bahkan makan buah pepaya itu sendiri sangat bagus untuk mengatasi sembelit. Dan tentu saja minum air putih yang banyak.

Oke segitu dulu tips mengatasi sembelit kali ini semoga bermanfaat...

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates