Thursday, April 29, 2010

Inilah gambar terbaru Luar angkasa melalui teropong Hubble



Memang menarik bila memandang hasil teropong luar angkasa ini. Seraya melihat berbagai bentuk yang ajaib dan unik...bahkan seperti obyek yang hidup. Sungguh ciptaan Tuhan yang luar biasa. Lebih lanjut mengenai ini simak artikel berikut:

Hubble 20 Tahun, Rilis Foto Spektakuler

Teleskop ruang angkasa Hubble merayakan ulang tahun ke-20 pada Sabtu (24/4) dan NASA merilis foto spektakuler orbit pilar gas kosmik dan timbunan debu di Nebula Carina.

Menara setinggi tiga tahun cahaya berisi hidrogen dingin ditambah unsur lain debu dari dinding nebula, menurut keterangan agensi ruang angkasa Amerika Serikat, dari foto klasik Hubble ‘Pillars of Creation’.

Hubble, diberi nama sesuai dengan astronom Edwin P Hubble (1889-1953), diluncukan ke orbit bumi pada 24 April 1990.

Sejak itu, benda tersebut telah mengirimkan gambar paling spektakuler dari galaksi dan membantu ilmuwan memberi tanda alam semesta pada 13,7 miliar tahun lalu, mempelajari bahwa lubang hitam ada di setiap galaksi, memonitor formasi planet dan menemukan bahwa alam semesta meluas dalam percepatan tertentu.

Hingga hari ini, Hubble telah melihat lebih dari 30 ribu obyek ruang angkasa indah dan mengumpulkan lebih dari setengah juta gambar.

Pada bulan Mei, Hubble yang diperbarui mampu menyediakan gambar penuh warna dan foto bintang dan galaksi jauh setelah pemasangan instrumen baru dalam proses perbaikan teleskop paling terkenal di dunia itu.

“Sebagian besar manusia tidak akan pernah menjelajah secara fisik ke beberapa tempat eksotik yang terlihat melalui Hubble,” ujar Ed Weiler, administrator NASA. “Apa yang telah dilakukan Hubble memungkinkan hati, pikiran dan jiwa manusia melampaui bayangannya dengan menjelajah sistem tata surya bahkan miliaran tahun cahaya pada permulaan waktu.”

sumber:inilah.com

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates