Tuesday, January 4, 2011

Tips mengobati infeksi telinga pada anak...

Beberapa waktu yang lalu anak saya menderita infeksi telinga yang cukup parah. Gejalanya sih biasa aja. Gatal-gatal di telinga dan sering di curekin. Saya kira cuman telinganya kotor....sampai ketika malam dia terbangun dan nangis karena telingnya sakit. Saya coba untuk melihat telinganya dengan memakai lampu baterai...eeh memang ada infeksi seperti keluar nanah dalam telinganya.

Karena kejadiannya malam...saya belum sempat periksa ke dokter THT. Malam itu juga saya melihat persediaan obat yang ada. Kira-kira masih nggak ya...obat tetes telinga yang dulu pernah dipakai. Ternyata di kotak obat masih ada obat tetes telinga Blecidex. Alhamdulillah...lumayan nih bisa untuk pertolongan pertama. Kemudian saya teteskan di telinga anak saya. Saya suruh miring dulu beberapa saat ...5 menit an lah. Setelah itu anak saya agak mendingan dan bisa tidur kembali.

Keesokan harinya saya periksa ke dokter THT dan memang benar ada infeksi di telinga dalam. Penyebabnya karena ada bakteri yang masuk kedalam telinga. Kemudian di sedot semua nanah yang ada di telinga terus dikasih antibiotika sirup dan bleccidexnya di suruh nerusian.

Untuk antibiotika kita bisa memakai golongan cefadroxil ataupun thiamfenicol. Pilih salah satu saja. Untuk dosis cefadroxil sehari 2 kali saja 1 sendok plastik. Ini untuk anak lho. Sedangkan dosis dewasa silahkan disesuaikan.

Demikian tips mengatasi infeksi telinga pada anak. Jagalah kebersihan lingkungan rumah anda. Dan jangan sering membersihkan telinga anak dengan curek atau cotton bud. Karena sangat rawan dengan infeksi.

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates