Sunday, August 8, 2010

Tips sederhana agar pengobatan rasional

Oke kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana sih agar pengobatan keluarga anda rasional. Dalam arti nggak kelebihan ataupunkekurangan obat. Sebagaimana kita ketahui bahwa obat adalah racun...maka untuk pemakaian obat anda harus benar-benar hati-hati. Jangan sembarangan minum obat dan tanyalah pada ahlinya...baik dokter maupun apoteker di apotek terdekat.

Yang kedua bacalah aturan pakai dari obat yang anda beli. Disitu meliputi dosis sekali minum....berapa kali dalam satu hari...ataupun harus diminum sampai berapa hari... Anda harus memahami semua itu.

Gimana kalau obat yang kita pakai dalam bentuk racikan...?

Obat racikan biasanya diberikan langsung oleh dokternya ataupun di tebus di apotek. Biasanya untuk anak-anak.

Untuk obat yang racikan...anda bisa langsung tanyakan kepada dokter anda. Obat apa saja yang ada disana. Ini merupakan hak pasien....jadi anda nggak perlu takut untuk bertanya kepada dokter anda. Obat nya apa saja...dan fungsinya untuk apa. Ini akan meminimalkan terjadinya kesalahan pemakaian obat.

Lebih baik lagi...setiap resep yang anda dapatkan dari dokter....anda mempunyai copy annya. Mintalah selalu copy resep ke apotek yang anda tuju. Saya yakin pasti dari pihak apotek akan memberikan copy resepnya. Namun memang untuk beberapa obat terutama sikotropik dan narkotika....nggak bisa dibeli lagi dengan copy resep. Namun setidaknya anda memiliki copy nya agar mengetahui riwayat pemakaian obat anda dan sekeluarga.

Demikian tips pengobatan rasional keluarga kali ini...semoga bermanfaat.

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates