Wednesday, August 26, 2009

Obat Penurun Panas Terbaik

Halo sobat....kali ini aku ingin berbagi info tentang macam-macam obat penurun panas. Di apotek banyak sekali obat penurun panas yang dijual bebas. Bahkan anda bisa jumpai pula di toko obat ataupun di warung-warung terdekat. Memang sih...secara hukum, obat penurun panas banyak yang boleh dijual bebas atau dalam istilah farmasi obat hv. Tapi sebagai apoteker aku sarankan apabila anda membutuhkan obat penurun panas...datanglah ke apotek yang terpercaya. Karena banyak sekali beredar obat palsu diluar sana.

Apa saja yang biasa dipakai?

Ada 2 macam penurun panas yang biasa digunakan. Salah satunya yang berisi paracetamol dan yang lainnya berisi ibuprofen sebagai zat aktifnya.

Untuk obat yang mengandung paracetamol, anda bisa memilih seperti sanmol, pamol,tempra, dumin, dan lain-lain. Anda bisa mengeceknya di buku MIMS ataupun ISO yang tersedia di toko buku gramedia. Sedangkan untuk yang berisi ibuprofen, anda bisa menggunakan proris, bufex, fenris, dll. Untuk mengetahui kandungannya, anda tinggal melihat di brosurnya ataupun kadang di bungkus kotaknya disebutkan.

Lebih baik mana penurun panas yang mengandung paracetamol dibandingkan ibuprofen?

Secara farmasi klinik, ibu profen lebih cepat menurunkan panas. makanya biasanya obat penurun panas ini lebih mahal dibanding paracetamol. Dan lagi tingkat keamanannya lebih bagus.

Sedangkan paracetamol daya penurun panasnya lebih lambat dan dimetabolisme di dalam hati. Sehingga untuk pemakaiannya harus hati-hati tidak boleh berlebih dosisnya. Karena bisa merusak hati.

Macam-macam bentuk sediaan obat penurun panas

Ada yang bentuk tablet, syrup, ataupun berbetuk suppositoria (peluru)yang pemakaiannya lewat dubur.

Dosis pemakaiannya biasanya sehari 3 kali bila panas. Bila panas sudah berhenti pemakaian tidak perlu dilanjutkan.

Tapi bagaimana bila panasnya berlanjut?.....Sesuai standar pengobatan, untuk panas yang lebih dari 2 hari biasanya terjadi infeksi. Sehingga perlu diberikan antibiotika yang sesuai.

Demikian uraian tentang obat penurun panas bila ada pertanyaan silahkan kirim ke email saya atau untuk mendapatkan ebook belajar obat praktis dari saya, anda bisa kunjungi www.inginbahagia.com. Ada peluang bisnis online juga...bagaimana cara menghasilkan uang melalui internet.

No comments:

 
Copyright © 2011. ANGSA HITAM . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates